Hello!

Tuesday, September 10, 2024

Sabar Iku Ingaran Mustikaning Laku

Mengutip dari postingan Suwung Selam yang ini, katanya sabar itu bukan berarti menerima dan tidak berbuat apa-apa.

Di sesi istirahat latihan freedive kemarin ( yang somehow lebih melelahkan dari sesi kolamnya karena bikin kepala panas. hahahahaha), sempet curcol ke Dok Ben. Rasanya frustasi banget uda 3 minggu ini stuck di titik yang sama, ga bisa equalize dengan posisi head down, padahal waktu latihan Frenzel berasa otot lidahnya uda semakin kuat, tapi begitu head down, selalu gagal. :'(

Apalagi ditambah ngeliat postingan anak klub lain yang mulai belakangan tapi uda pada lulus AIDA 2. Makin galau lah. Dulu harapannya 2 bulan lulus, ternyata setelah 4 bulan masih belum juga keliatan hilal bakal lulusnya. Dulu dipikir momok yang paling menyeramkan itu di statis 2 menit, ternyata di CWT 12m, persyaratan yang (dulu) gw pikir akan dilewatin paling cepat. 

Bahkan untuk nulis ini aja sekarang gw butuh jeda. Untuk mikir, kenapa ya gagal mulu? T.T

Pas curhat kemarin soal "merasa tidak ada progress selama 3 minggu terakhir", trus si Dok Ben mulai nanya balik soal "mentok" di minggu-minggu sebelumnya yang langsung bikin merasa tertampar. Iya ya! Gw terlalu fokus sama hal yang besar sampai ga menghargai kemajuan kemajuan kecil.

Misalnya di sesi pemanasan. Inget banget di pertemuan ke6, untuk bisa sampai di 7m aja berasa sulit. Di setiap dive head up, cuma bisa nginjek 10 m di menit-menit terakhir. Maju dikit di latihan ke 9, dari awal uda bisa langsung 8m dan 10m dengan mudah. Lalu di latihan ke 10 kemarin, uda bisa 15m! Dikit lagi bisa napak ke 16m!

Contoh lainnya, dulu di sesi pertama, duck dive di 5m aja kuping uda ngerasa sakit banget, kemarin uda bisa sampai ke 5m, cuma dengan sekali equalize di permukaan, dan duckdivenya juga lebih effortless. 

Biasanya setiap awal dive down, gw selalu melakukan peptalk sebelum masuk ke relaksasi dan mengambil napas panjang.

    "It's okay Cella. Ini fun dive. Gapapa kok kalo ga sampe bawah."

    "We'll have fun today and enjoy the dive."

   "Don't worry, fokus aja sama talinya, tahan sekuat mungkin. Kamu bisa kok tahan napas lamaan. Itu bukan kamu kehabisan oksigen, tapi cuma kadar co2 yang tinggi aja."

    "Tenang, kalo black out ada yang narik ke atas."

Pas cerita kalo aku melakukan peptalk ini setiap kali mau turun, si Dok Ben nanya balik, "Apa kakak melakukan itu waktu head down?". Terhenyak. Bener juga! Rasanya malah gw menyemangati suara-suara di kepala kalo gw "GA BISA LAGI DEH PASTI!". Dan voila! Harusnya ga heran ya kalo beneran mentok disitu lagi, wong sebelum turun aja uda mikir ga bisa.

You are what you think you are. Indeed.

Lucunya lagi, kemarin kan si Dok Ben bagi-bagi stikernya. Dan ntah bagaimana, bisa-bisanya keambil stiker ini. Bisa pas banget sama petuah yang baru aja di dapet soal mesti sabar dan jalanin aja prosesnya. Jadi, it's okay kok kalo sekarang belum bisa. Yakin dan percaya, nanti pasti bisa. Yakin dan percaya kalo di setiap langkah selalu ada kemajuan. Kalo mundur sedikit gimana? Ya gapapa, mundur dulu dikit supaya majunya lebih jauh. :)

Menerima, menikmati dan berproses

Jadi semangat buat latihan di akhir minggu lagi. Apalagi abis checkout masker baru di 9.9 kemarin! Akhirnya ya, ga perlu lagi pinjem si masker tengkorak. Semoga masker ketiga ini cucok ya Tuhan. Mahal banget masker-masker ini. Yang si Gull aja masih bingung sekarang kudu piye aku. 

Alon alon asal kelakon ya Marcella. 


No comments:

Post a Comment