Hello!

Thursday, August 29, 2024

Christmas Magic

If you know me, maybe you'll know that i rant a bit about my last holiday. BUT, can't deny that is one of the most beautiful and memorable holiday.
And if you really really know, you'll know how much i talk about Christmas Market and it's in my bucket list since forever.

Uda bolak balik banget nyeritain magicalnya pasar natal ke beberapa orang yang sering jalan sama gw. Sepengen itu bisa ngeliat langsung! Dan sekarang kalo dipikir lagi, gw sendiri pun ga nyangka bakal secepet ini kesampeannya. :) 

Jadi pas libur akhir tahun kemarin, gw sempet mampir ke beberapa Christmast Market di Milan, Como, Interlaken, Basel, dan Strasbourg. Karena "ini dan itu", malah di kota besar kayak Paris dan Amsterdam ga mampir ke Christmas Market nya. Sebelom berangkat pun, gw uda bolak balik googling nyari info soal ini, karena emang inilah tujuan utama gw ke Eropa sebelom hari natal. Bolak balik cari info pasar natal paling bagus, lokasi terdekat, akses ke sana dari hotel, dan sebagainya. Dan ternyata ya, kebanyakan pasar natal bagus itu adanya di Eropa Timur, sedangkan kemarin gw ke arah Barat. Jadi, mari bermanifest supaya bisa natalan di Eropa Timur!

Kalo di area Barat sendiri, beberapa pasar natal yang bagus itu di Cologne, Brussel, Bruges, Metz, Basel, dan Strasbourg. Berhubung 2019 kemarin uda sempet ke Cologne, Brussel & Bruges, si Ipin ga mau kesana lagi :"( Ke Metz pun ga searah. Jadi akhirnya di mampirin ke Basel & Strasbourg masing-masing 1 malam.

Pasar natal pertama yang gw temuin itu di Milan, lokasinya disekitar Galleria Vitorio Emanuele. Sejujurnya dalam hati sedikit kecewa sih karena berasa cuma "gini doang". Vibenya kayak bazar di Taman Anggrek aja, kurang festive. Hahaha. Tapi, karena ini pasar natal pertama gw ya, jadi tetep excited kok. Walaupun ga bisa explore semua dan harus cepet balik karena "ini dan itu".
Ketemu Merry Go Round di salah satu pojokan Milan Christmas Market

Kemudian pasar natal kedua itu di Como. Hampir banget kelewatan liat light shownya. Padahal pas sore uda ngelewatin kan, tapi lagi -lagi karena "ini dan itu" baru juga lewat, uda harus balik. Abis googling dan tau kalo ternyata begitu malem ada lampu lucu yang disorot ke gedung, gw keluar lagi buat nyari pasar-pasar itu. Dan ketemu. Yay! Sayangnya gw keluarnya uda terlalu malam, jadi boothny uda pada tutup. Mungkin karena efek winter juga kali ya yang harinya lebih pendek, jadi jam 8an tuh uda banyak toko tutup, pasar natalnya juga uda beres-beres. Dan gw baru keluar jam 9 kurang. hahaha.

Lampu lucu dan pasar natal yang mau tutup :')

Dari Itali, pindah ke Swiss. Dear God, terima kasih untuk kesempatannya. Swiss in Winter is so greeyish and weirdly beautiful. Setelah seharian di kereta, transit 2 kali di Arth Goldau dan Luzern, bisa sampai di Interlaken sebelum gelap. Dan kebetulan sekali, ga jauh dari dari hotel ada pasar natal kecil. And this is my 3rd Christmas Market. Jauh lebih simple dan sederhana dari Milan dan Como, but glad i found it :) Jajan currywurst disini yang sebenernya agak B dan overpriced ya, tapi isoke karena kita lagi liburan dan di Swiss semua mahal!

Lalu dari Interlaken, bergeser ke kota lainnya di dekat perbatasan dengan Perancis. Untung Basel ini ga dilewatin di perjalanan kemarin. The christmas market is another level dari 3 pasar sebelumnya. i think i cry a bit here. Hahahaha. It's so magical! Banyak benda lucu yang dijual disini, si Ipin bawa pulang 3 pajangan westie. Sempat nyobain mulled wine juga yang ga dihabisin karena alkoholnya lumayan keras, tapi membantu sekali buat bertahan di udara dingin. Sebetulnya masih banyak banget yang pengen diliat, tapi karena makin dingin dan si Ipin mulai rewel, akhirnya balik hotel lebih cepat dari yang diharapin. 

Emang sih isinya agak kayak Scoop ya

And the last one is from Strasbourg. Tadi gw bilang pasar market di Basel is another level kan? Itu sebelum sampai ke sini. Luas banget! Dibanding 4 sebelumnya, ini lebih luas dan besar lagi. Dan pastinya lebih ramai. Ga cuma kios dan booth aja yang ada disini, tapi rumah-rumahnya juga lucu. Ga heran kalo Strasbourg Christmas Market jadi salah satu top Christmast market di Eropa.

the famous Teddy Bear House from Strasbourg

Christmas time in Europe has it's own magic. Especially for us, tropical human. hahahaha. It's chilly, bikin tangan mengkerut, overpriced, makanannya mahal semua dan sebetulnya ga yang enak banget, but it's also so dreamy and full of happiness. You can feel it in the air! Semoga akan ada pasar natal lainnya di tahun yang akan datang ya. Mungkin ke Vienna? :)

No comments:

Post a Comment